Hasil Olahan Minuman  Dari Biji Salak Bisa Menurunkan  Hipertensi dan Asam Urat




Kata atau kalimat Kromium tentunya anda sudah tahu atau mungkin baru saja anda tahu sekarang. 

Dari Wikipedia  ensiklopedia bebas  menjelaskan sebagai berikut:




Kromium adalah sebuah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Cr dan nomor atom 24. Kromium trivalen (Cr(III), atau Cr3+) diperlukan dalam jumlah kecil dalam metabolisme gula pada manusia. Kekurangan kromium trivalen dapat menyebabkan penyakit yang disebut penyakit kekurangan kromium (chromium deficiency). Begitu pula apabila kelebihan kromium   akan mengakibatkan darah tinggi dan asam urat.
Salak termasuk dalam angiospermae yaitu tumbuhan berbiji tertutup. Tumbuhan biji tertutup adalah tumbuhan yang memiliki struktur dinding sel yang kaku yang tersusun dari senyawa selulosa. Selulosa adalah komponen struktur utama pada dinding sel tumbuhan dan unsur yang paling berlimpah. Selulosa merupakan unsur penting yang tidak dapat larut dan dapat didegradasi oleh enzim menjadi beberapa unit glukosa dan biasanya dihidrolisis dengan menggunakan asam kuat. Hemiselulosa merupakan polisakarida yang terdiri atas suatu campuran unit hexosa dan pentosa. 
Jika dihidrolisis hemiselulosa menghasilkan glukosa dan sebuah pentosa, biasanya silosa yang merupakan komponen utama pada dinding sel tumbuhan. Hemiselulosa lebih sedikit bersifat resisten terhadap degradasi kimia dan dapat dihidrolisis dengan cairan asam.Selulosa mempunyai kemampuan untuk mengadsorpsi logam berat. Selain itu menurut afrizal (2008), berdasarkan percobaan sebelumnya telah diketahui bahwa kayu dan komponenya, seperti selulosa, lignin, hemiselulosa, dan sebagainya, telah digunakan dalam industri penjernihan air untuk menghilangkan logam berat seperti Cu(II), Pb(II), Cd(II), Cr(III) dan sebagainya.
Salah satu logam berat tersebut adalah ion Cr(VI) yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal, hati, sistem imunitas, dan kulit (Bilal, 2001). Pada penelitian ini ekstrak selulosa yang terdapat pada biji salak dicuci dengan menggunakan aqua DM dan metanol. Metanol sering digunakan sebagai pelarut karena dapat melarutkan sebagian besar golongan senyawa. Ekstraksi dengan aqua DM dan metanol dapat mengoptimalkan kemampuan biji salak untuk mengikat senyawa yang bersifat kurang polar. 




Berdasarkan hal tersebut, ekstrak selulosa yang berasal dari biji salak dapat dimanfaatkan untuk menurunkan kandungan logam Cr(VI). Dari hasil penelitian diperoleh pada waktu kontak 60 menit adsorben biji salak dapat mengadsorpsi ion logam Cr(VI) secara optimum. Waktu kontak 60 menit digunakan sebagai acuan dalam penentuan isoterm adsorpsi Cr(VI).




Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka beberapa kesimpulan yang dapat diperoleh yaitu :
 
1. Biji salak dapat digunakan sebagai adsorben untuk menurunkan kadar Cr(VI).
2.  Waktu optimum yang diperlukan untuk adsorpsi ion Cr(VI) oleh adsorben serbuk biji salak adalah 60 menit. Karakteristik adsorpsi Cr(VI) oleh serbuk biji salak cenderung mengikuti pola isotherm adsorpsi Langmuir dengan koefisien korelasi R2 dengan nilai 0,9923.
3.  Ukuran optimum adsorben biji salak berbanding terbalik dengan jumlah Cr(VI) yang teradsorpsi. Semakin kecil ukuran adsorben, semakin besar pula luas permukaan untuk mengadsorp. Ukuran optimum serbuk biji salak sebesar 125 μm dengan prosentase adsorpsi Cr(VI) sebesar 45,2 %.
Jadi biji salak apabila di konsumsi oleh tubuh manusia maka dapat menyerap Cr4 serta bisa menyembuhkan asam urat serta mencegah berbagai penyakit lain yang menggangu kesehatan.


Disamping itu juga
Bahwa BIJI SALAK MENGANDUNG " POLIFENOL"

Kadar polifenolnya 0,176 mg/gr sampel.

Tahukah Anda Apa itu Polifenol ?
Polifenol adalah kelompok zat kimia yang ditemukan pada tumbuhan. Zat ini memiliki tanda khas yakni memiliki banyak gugus fenol dalam molekulnya.

Polifenol berperan dalam memberi warna pada suatu tumbuhan seperti warna daun saat musim gugur.

Pada beberapa penelitian disebutkan bahwa kelompok polifenol memiliki peran sebagai antioksidan yang baik untuk kesehatan.

Antioksidan polifenol dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah dan kanker. [1].

Terdapat penelitian yang menyimpulkan polifenol dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer.[2]


Polifenol dapat ditemukan pada kacang-kacangan, teh hijau, teh putih, anggur merah, anggur putih, minyak zaitun dan turunannya, cokelat hitam, dan buah delima.

Setelah dilakukan  penelitian  ternyata biji salak juga mengandung Polifenol sebanyak 0,176 mg/gr sampel seperti mirip pada teh daun.



Kelebihan serbuk biji salak dapat menyerap kromonium empat sedangkan daun teh tidak.
 



Setelah melihat kesimpulan dari beberapa penelitian manfaat dari biji salak, saat ini  Produk  KOBISA “Kopi Biji Salak Pangu” terus  di produksi oleh CV.SAGUERS CULINARY MANAGEMENT PARTNER untuk di pasarkan kepada masyarakat luas.




Buah Salak Pangu (Klik)  yang berada di Kabupaten MITRA “Minahasa Tenggara” sudah cukup di kenal oleh sebagian besar masyarakat sekitar, karena pertumbuhannya  memerlukan iklim yang sesuai sehingga hanya bertumbuh dengan hasil sempurna di daerah Pangu, di dareah lain bisa juga bertumbuh namun proses pembuahan nya  tidak maksimal seperti di daerah Pangu.

Hasil Olahan dari KOBISA “Kopi Biji Salak Pangu” menjadi minuman bergengsi sudah di uji dengan tehnik BLEND dan MIXING (Hot&Cool) menghasilkan produk yang sangat luar biasa dan  menjanjikan dalam dunia kuliner.


 

Penelitian Ilmiah Serbuk Biji Salak Menurunkan Hipertensi atau Darah Tinggi

 


 


 

0 komentar:

Featured

Video Aneka Kreasi Minuman KOBISA

Popular Posts

Featured
Most Popular
Videos

Katalog Produk KOBISA Kopi Biji Salak

Katalog Produk KOBISA Kopi Biji Salak
KLIK gambar untuk melihat aneka produk KOBISA yang bisa di pesan langsung oleh anda

Aneka Kemasan KOBISA Kopi Biji Salak

Tersedia Aneka Kemasan KOBISA Kopi Biji Salak

KOBISA 500 gr Pouch Allucombi

KOBISA 500 gr Pouch Allucombi
Order Kopi Biji Salak Sekarang Juga Siap Kirim Keseluruh Indonesia

KOPI BIJI SALAK 250 gr Pouch Full Colour

KOPI BIJI SALAK 250 gr Pouch Full Colour
Order Kopi Biji Salak Sekarang Juga Siap Kirim Keseluruh Indonesia

Gula Semut Aren Kemasan 500gr Pouch Full Collour

Gula Semut Aren Kemasan 500gr Pouch Full Collour
Order Gula Semut Sekarang Juga Siap Kirim Keseluruh Indonesia

Gula Semut Aren Mandiri 500gr Kemasan Local

Gula Semut Aren Mandiri 500gr Kemasan Local
Order Gula Semut Sekarang Juga Siap Kirim Keseluruh Indonesia